CARA SETTING JARINGAN LAN ANTAR KOMPUTER DENGAN OS WINDOWS XP

Quantcast

CARA SETTING JARINGAN LAN ANTAR KOMPUTER DENGAN OS WINDOWS XP
1.      Sambungkan Kabel LAN ke port LAN Card pada PC-PC yang hendak dibuat jaringan (pastikan computer dalam kondisi hidup).
2.      Perhatikan indicator yang tampak pada sisi kanan Taskbar dimana icon 2 monitor bereaksi.
3.      Pada Komputer satu :
a.      Klik kanan Icon Tray LAN pada sisih kanan Taskbar. Pilih Status.
b.      Pada kotak General pilih Properties. Dan akan muncul jendela Local Area Properties.
c.       Centang pada “Show icon in notification when connected”. Lalu seleksi Internet Protocol (TCP/IP) dan klik Properties.
d.      Pada jendela General Properties TCP/IP anda masukkan angka 192.168.0.1 pada kolom IP Address. Dan kolom bawahnya (subnet mask) cukup anda klik dan biarkan angka tercantum di dalamnya.
e.      Jika sudah klik OK.
4.      Pada Komputer 2 :
a.      Lakukan Proses yang sama seperti computer satu.
b.      Pada kolom IP Address angka yang anda isikan adalah 192.168.0.2. (untuk computer ke 3 dengan IP : 192.168.0.3, Komputer ke 4 dengan IP : 192.168.0.4 komputer lima dan seterusnya tinggal diurutkan saja…)
5.      Langkah Berikutnya kembali ke Komputer 1 :
a.      Klik kanan MyComputer > Properties.
b.      Pilih Tab Computer Name > Change. Isikan kolom computer Name : SERVER atau nama lain sesuka anda. Dan Isikan kolom Workgroup : ITCOMPARE atau nama lain terserah anda. Klik OK. OK dan restart computer anda.
c.       Lakukan hal yang sama pada computer 2, computer 3 dan seterus. Tapi nama computer harus berbeda agar dalam jaringan nantinya tidak membingungkan, misalnya Komputer dengan IP 192.168.0.1 dengan nama SERVER, yangIP 192.168.0.2 dengan nama CLIENT-1, berikutnya CLIENT-2 dst…dan hal yang harus sama adalah Workgroup-nya, jika computer pertama dengan workgroup ITCOMPARE maka computer lainnya juga harus dengan Workgroup ITCOMPARE agar masuk dalam kelas group yang sama. Setelah itu jangan lupa restart pula semuanya.
6.      Langkah Terakhir adalah membuat Harddisk/Partisi Drive/folder Sharing. Dengan diterapkannya sharing ini maka antar computer tidak sekedar tersambung tetapi juga bias bertukar data file dan sebagainya. Caranya :
a.      Buka Windows Explorer(tekan tombol Windows+E berbarengan).
b.      Pilih Drive atau folder yang akan anda Sharing. Klik kanan > Sharing & Security.

c.       Klik saja tulisan biru tersebut dan ketika muncul pilihan wizard maka pilih saja Just Enable File Sharing. Jangan Lupa dicentang Share This…lalu beri Nama sesuka anda. Jika ingin bias melakukan modifikasi terhadap file-file dalam jaringan maka option bawahnya juga di centang.

d.      Lakukan hal yang sama terhadap semua computer yang tersambung jaringan kecuali anda tidak ingin adanyafile sharing pada jaringan tersebut.
7.      Untuk Pengecekkan apakah antar PCanda telah tersambung dan telah bias sharing file, maka anda masuk ke windows Explorer. Klik My Network Places > Entire Network > Microsoft Windows Network > Warnet > Satu.

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI TOMBOL KEYBOARD

Kado passolo

Cara Membuat Playlist Musik MP3 Player Online