PENJELASAN RINGKAS TENTANG PROCESSOR ATAU CPU KOMPUTER


 
i
 
1 Votes
Quantcast
Processor : ini merupakan otak atau inti dari komputer.  Ada 2 merk ternama produsen chip CPU  dipasaran dunia.
a.       INTEL CORPORATION
INTEL merupakan produsen Processor dan semiconductor paling terkenal didunia.  Bahkan orang awam pun tahu salah satu produk terkenalnya yang bernama “PENTIUM”. Produk-produk Processor Intel diantaranya adalah :
>> Intel Pentium : terdiri dari Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4, dan Pentium Dual Core. Speed CPU kelas ini berkisar dari 100 mhz s.d 3,9 Ghz. Termasuk Single Core atau Core Tunggal, kecuali Pentium Dual Core yang telah ditanam teknologi  Dual Core didalamnya. Yang dimaksud teknologi dual core disini adalah CPU tunggal yang ditanamkan teknologi Multitreading (secara fisik hanya satu core tetapi memiliki kemampuan mengerjakan 2 tread atau intruksi atau proses dalam satu waktu).
>> Intel Celeron : ini merupakan cpu yang hadir mengiringi Intel Pentium dalam hal kecepatan maupun Front Side Bus. Artinya Pentium memiliki kembarannya pada Celeron, keberadaan Celeron merupakan upaya intel untuk menyiasati konsumen kelas bawah yang tidak mampu membeli CPU Pentium yang mahal agar tidak beralih ke CPU saingannya (missal AMD yang terkenal murah). Jadi Celeron merupakan alternative bagi yang berat membeli CPU Pentium.
>> Intel Core 2 Duo : Setelah percobaan terhadap Pentium Dual Core berhasil maka Intel percaya diri mengembangkan CPU double core atau multicore pertama yang diberi nama Core 2 Duo, artinya CPU ini memiliki 2 inti core dan memiliki kemampuan kerja yang lebih cepat dibandingkan CPU Dual Core.
>> Intel Core 2 Quad : ini merupakan pengembangan lanjutan dari Core 2 Duo, dimana inti core-nya tetap sama dengan Core 2 duo hanya saja masing-masing inti (terdiri dari 2 core) ditanamkan teknologi dual core sehingga total memiliki 4 core. Jadi fisiknya terdiri dari 2 core inti yang memiliki 4 tread (memproses). Soal kecepatan tentu saja 4 core lebih cepat daripada 2 core.
>> Intel Core i7 : ini merupakan CPU generasi baru yang banyak ditanamkan teknologi baru yang belum ada pada CPU sebelumnya, salah satunya adalah teknologi QPI dimana teknologi ini sudah tidak lagi membutuhkan FSB pada Motherboard, juga teknologi Booster dimana CPU akan berkerja menyesuaikan kebutuhan aplikasi yang sedang dijalankan. Inti core CPU ini terdiri dari 4 inti yang masing-masing memiliki 2 tread sehingga total ada 8 inti core. CPU ini tercepat untuk saat ini, namun harganya pun cukup mahal.
>> Intel Core i5 : ini merupakan turunan dari Core i7, sebagian inti corenya dikurangi untuk menekan harga, teknologinya tentu tidak beda jauh dengan Core i7. Pasaran Core i5 untuk kalangan ekonomi menengah.
>> Intel Core i3 : ini merupakan turunan dari core i5, teknologinya masih sama dengan kakaknya core i5, hanya saja agar terjangkau harganya banyak terjadi pemangkasan, namun secara umum, kemampuannya masih lebih baik dibandingkan core 2 duo.
>> Intel Xeon : CPU ini dikhususkan untuk komputer server.
>> Intel Atom : CPU ini dikhususkan untuk komputer berbasis hemat energy, setara dengan Pentium 4 awal, namun pemakaian listrik sangat hemat karenanya cpu ini banyak digunakan untuk PC mini atau notebook mini dengan nama netbook.
Advanced Micro Devices atau AMD
AMD merupakan produsen Chip Processor  terbesar setelah Intel dan merupakan saingan dari CPU berbasis Intel. AMD dikenal sebagai produsen CPU yang murah dan teknologinya tidak kalah dengan Intel. Produknya antara lain seperti : AMD Duron, Sempron, Athlon, Athlon X2, Phenom X4, Phenom II, dll. AMD menjadi pilihan para Gamer atau Desain Grafis – multimedia disebabkan harga processor yang ditawarkannya lebih murah dibandingkan INTEL namun dari segi kemampuan dan kecepatannya tidak kalah dengan CPU Intel. Penghematan harga disisi CPU akan berimbas pada peningkatan belanja pada komponen penunjang lainnya seperti RAM, VGA, atau Harddisk. Sehingga dengan harga belanja sama, namun spek yang didapatkan untuk unit CPU AMD lebih tinggi dibandingkan dengan unit CPU Intel.
c. Hal-hal yang harus Dipahami terhadap Processor.
Unsur penting pada processor yang patut anda pertimbangkan sebelum membeli CPU komputer adalah Tingkat kecepatannya, Memory Cache-nya, dan Front Side Bus atau QPI-nya. Jika kita membeli CPU maka tentukanlah Merknya dahulu, apakah anda memilih Intel atau AMD. Karena jika kita memilih salah satu merk dari CPU diatas maka imbasnya pada komponen-komponen pendukung lainnya serta harga. Membeli CPU Intel memiliki keuntungan lebih dari sisi purna jual. Adapun AMD, maka untuk konsumen Indonesia bisa dikatakan harga purna jual AMD merosot tajam dan untuk mencari komponen second pada AMD lebih sulit (khususnya Processor dan Motherboard-nya).
Harga dan level atau tingkatan sebuah komputer ditentukan pada speed dari CPU yang digunakan, semakin tinggi speed CPU yang kita beli maka harga yang harus ditebus juga semakin mahal serta kecepatan proses program juga semakin gegas dan ringan. Adapun Cache Memory yang terdapat didalam CPU juga sangat mempengaruhi harga dan kemampuan dari sebuah CPU. Dua CPU yang memiliki speed yang sama namun memiliki cache memori yang berbeda maka hasil kerjanya pun berbeda. Besaran Cache memory pada CPU akan semakin meringankan kerja RAM dan menyingkat waktu CPU didalam proses data. FSB atau Front Side Bus merupakan besaran lebar data yang dilewati dari dan ke CPU. Artinya semua data yang akan dikirim dan diolah oleh CPU maka harus melewati FSB ini, semakin besar lebar bits data yang bisa dilalui maka proses kerja CPU juga semakin cepat. Dengan FSB inilah CPU dibatasi kompabilitasnya terhadap Motherboard. Jika motherboard-nya dengan FSB 800 Mhz, maka CPU yang dapat dipasangkan dengan Mobo ini adalah CPU yang ber-FSB maximal 800 mhz juga, jika CPU ber-FSB 1033 mhz dipasang ke mobo ber-FSB 800 mhz maka komputer tidak dapat hidup karena terjadi uncompatible. Jadi usahakan beli mobo yang memiliki FSB yang tinggi sehingga kemungkinan compatible ke berbagai jenis CPU lebih besar. Adapun QPI singkatan dari Quick Patch  Interconnect  yaitu sebuah teknologi baru dari pengembangan FSB, dimana kalau FSB ditanamkan pada motherboard dan koneksi RAM serta VGA ke Processor ditentukan oleh Chipset Northbridge, maka untuk QPI teknologinya langsung ditanamkan pada CPU dan CPU-lah yang menentukan bukan motherboard. Teknologi QPI ini hanya terdapat pada generasi Core i7, core i5, core i3 dan variannya.

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI TOMBOL KEYBOARD

Kado passolo

Cara Membuat Playlist Musik MP3 Player Online